Southgate Sarankan Tottenham Tak Mainkan Kane di Final Liga Champions

19 Mei 2019

Tottenham Hotspur dianjurkan tidak memaksakan Harry Kane guna tampil di final Liga Champions. Pasalnya, belum terdapat kepastian Kane akan sembuh 100 persen dari cederanya. Hal ini dikatakan manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate.

Harry Kane ketika ini memang masih berada dalam situasi cedera. Penyerang 25 tahun itu bahkan telah absen saat Tottenham menjalani babak semifinal Liga Champions melawan Ajax sejumlah waktu lalu.

Pasca kesuksesan Tottenham lolos ke final, Harry Kane berujar bahwa dia bakal bekerja keras guna sembuh. Harry Kane hendak bermain pada laga final melawan Liverpool yang akan dilangsungkan pada Minggu (2/6/2019) di Wanda Metropolitano.

Secara teknis, Southgate menilai bakal lebih baik bila Tottenham memainkan pemain di samping Harry Kane. Sebab, ada sejumlah pemain yang sedang onfire saat Harry Kane cedera. Pemain yang dimaksud ialah Lucas Moura dan Son Heung-min.

Tak Paksakan Harry Kane

“Tidak mesti memainkan Harry Kane sebab mereka barangkali merasa bahwa Lucas yang mencetak hattrick di semifinal dan Son bermain paling bagus. Mungkin Kane tidak jadi pemain yang berdampak,” buka Southgate dilansir dari Sportsmole.

“Jadi, tanpa berkata lebih dulu dengan Mauricio Pochettino, saya tidak tahu apa yang dia pikirkan tentang kondisi ini. Saya rasa, tersebut akan paling bergantung pada laksana apa Harry Kane menjalani latihan,” sambung Southgate.

Sementara, Southgate pun menepis bahwa dia akan mencoreng nama Harry Kane dari skuat Timnas Inggris andai dia memaksa tampil di final Liga Champions. “Tidak mutlak mesti begitu. Kita mesti dengar lebih dulu laksana apa situasi [kebugaran] pasca pertandingan,” jawab Southgate.

Masih Mungkin Dicoret

Southgate sejumlah hari lalu sudah mengumunkan susunan pemain Timnas Inggris yang bakal berlaga di UEFA Nations League. Ada 27 pemain yang dipanggil oleh manajer berusia 42 tahun tersebut. Namun, sejumlah nama bakal dievaluasi.

Southgate nantinya bakal melihat situasi terakhir sejumlah pemain. Sebab, terdapat pemain yang dipanggil tetapi saat ini belum 100 persen bugar. Salah satu yang berada dalam situasi tersebut ialah Harry Kane.

“Satu ialah dua pemain mesti kami lihat lagi bagaimana kondisinya pada pekan depan, Harry Kane ialah salah satu yang jadi pengecualian. Sebab, kami akan menyaksikan kondisinya pada pekan terakhir,” tutup Southgate.